1.06.2013

Resume #SuksesUAS

Halo sobatku, pada tanggal 6 Januari 2013, jam 20.00 saya sempat memberika kultwit di twitter dengan hashtag #SuksesUAS by @novelid. Inget yang @novelid yaa :) . Bagi yang tidak punya twitter, maka jangan cemas dahulu. Berikut resume nya.


Malem tweeps. Sesuai jadwal, jam 8 ini akan saya share tentang, simak ya. Hashtagnya 


1. Udah ga usah dijelasin lagi kan UAS. Ujian akhir semester.

2. Tips ini saya dapat dari pengalaman n seminar2 yang saya ikuti. Pada dasarnya tips ini di bagi menjadi 3 bagian 

3. 3 bagian itu adalah tentang mindset, Pola Belajar, Teknik Berdoa


4. Oh ya, sebelum dilanjutkan, saya sarankan agar selalu di RT, InsyaAllah jadi ilmu yang mengalir bagi yang RT :) 

5. yang pertama adalah tentang mindset. Beberapa orang menganggap UAS itu sesuatu yang sulit. tetapi sebenarnya MUDAH

6. Sesuai dengan konsepnya bahwa manusia akan merasa MUDAH jika dia SIAP 

7. pertanyaanya adalah jika selama ini anda merasa susah maka anda tida ....? silahkan diisi sendiri hehehe 

8. Permasalahan utama adalah, jika anda merasa tidak siap,maka berarti anda juga belum siap untuk SUKSES UAS 

9. Sekarang coba anda lihat sekeliling anda yang bisa dibilang selalu SUKSES ketika UAS. Apakah mereka makan nasi? 

10. Saya kira mereka juga minum air, masuk kuliah bersama anda, tidiur tiap malam dsb. 

11. Sama dengan anda bukan? lalu apa pembedanya? Jawabannya adalah tentang mindset 

12. Di buku motivasi manapun menyebutkan, jika belum melewati tahap mindset, maka kita belum bisa melangkah ke tahap selanjutnya

13. So, sudah jelas bahwa anda harus mempunyai mindset SUKSES UAS terlebih dahulu .

14. Cara memiliki SUKSES UAS adalah berfikirlah kedepan. Artinya adalah pikirkan efek kedepannya jika anda SUKSES pada UAS besok. 

15. Contoh mudahnya adalah, jika kita berfikir UAS hanya untuk mendapat nilai, maka saya yakin mindset tidak akan terbentuk. kok?

16. Coba kita fikirkan. Kalau nilainya bagus terus ngapaaaaaiiiiiin? coba kalau kita berfikir jauh 

17. jika nilai saya bagus, saya dapet beasiswa, kalau dapet beasiswa 4jt saya bisa beli Ipad baru. Nah pilih pemikiran yang mana?

18. Saya yakin 100% jika anda berfikir pola yang ke 2 maka anda akan mempunyai mindset bahwa SAYA SUKSES UAS TAHUN INI.

19. adakah yang berfikir "apa saya bisa ya?" 

20. Jika ada, maka hilangkan fikiran itu, maka Praktekkan!! anda tidak tahu hasilnya sebelum memraktekkan ! 

21. btw, sebelum saya lanjutkan. saya mau menyisipkan aturan baru. Aturannya adalah Just do it :) 

22. Cara merubah mindset yang ke 2 adalah. Katakan pada diri anda bahwa kemarin adalah hari lalu, tidak peduli saya tidak sukses~

23. ~ Karena sekarang tahu caranya. MAKA SAYA SUKSES UAS TAHUN INI. 

24. Bagian yang ke 2 adalah Pola Belajar. Bagaimana anda belajar selama ini? membaca 60 halaman/slide dalam waktu 2 jam? 3 jam?

25. Setelah 3jam berturut-turut, saya yakin anda mengantuk dan lelah, efeknya bisa jadi slide pertama saja sudah lupa 

26. Konon,manusia bisa konsentrasi hanya sekitar 30 menit. Itulah alasan mengapa test TOEFL untuk listening diletakan diawal

27. tentunya saya kira boros jika 60 slide dibaca dan dihafal dalam kurun waktu 2-3 jam. 1 jam saja cukup dan efektif. mau tau?

28. sebentar tweeps. Saya mau minum dulu. hehehe 

29. Saya pernah mendapati materi 6bab dimana tiap bab membahas 40-60an slide. Apa yang saya lakukan pertama kali? tentunya pusing

30. tetapi disinilah saya tahu tekniknya. teknik 1. adalah fokus terhadap pengalaman anda dikelas. ingat bahwa setiap langkah ~

31. ~akan menghasilkan bekas jejak. artinya adalah dari 40-60an slide kita asumsi akan ada beberapa materi yang keluar.

31. inilah yang harus kita manfaatkan. ketika dosen menjelaskan dikelas, maka dosen akan memberikan clue beberapa hal.

32. saat ini saya akan menyebutkan 2 clue. yang pertama adalah ketika guru menjelaskan materi maka terkadang dia menjelaskan~

33. ~secara berulang-ulang. dan yang kedua adalah nada penekanan yang sedikit di tekan.Kita harus curiga terhadap 2 clue tersebut 

34. Mengapa? jika seseorang menekan suaranya dan mengatakan berulang2 maka tandanya adalah itu sesuatu yang PENTING

35. dan ketika penting kemungkinan besar itulah yang akan keluar di ujian. Pernah kepikiran gak tweeps? :) 

36. Jadi, ingat2 slide mana yang menunjuk pada 2 clue tersebut. dan pelajari secara mendalam dan detail. Bgmn dengan lainnya?

37. Tetap kita baca, tetapi pelajari dulu yang berbau 2 clue diatas. ini bisa menghemat waktu belajar hingga 50% 

38. Selain mengenali 2 clue tersebut, bisa dengan menggunakan intuisi. Inilah teknik yang cukup manjur. Gunakan intuisi anda! 

39. Jika anda mendapatkan kisi2 soal, maka pelajari dahulu kisi2 soal tersebut. 

40. Setelah anda dapatkan (kisi2, 2 clue, dan intuisi) maka baru anda belajar sisa2nya saja.Untuk jaga2 jikalau soal itu keluar. 

41. selanjutnya adalah teknik berdoa. SIAAP? 

42. Apa doa anda ketika meminta SUKSES UAS?

43. Rata2 seperti ini. "Ya Allah sukseskanlah uas saya besok. dan baguskanlah nilai saya. Amin" begitu? 

44. kita analisa sebentar.pertanyaan besarnya adalah SUKSES nya seperti apa? apakah bisa mengerjakan 1 soal bisa dibilang sukses?

45. saya katakan BISA. setidaknya sukses daripada tidak mengerjakan sama sekali 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar