9.11.2011

The Power of "Mbedo"

"Mbedo"
Ada satu pertanyaan!!! Dari judul diatas teman-teman sudah tahu apa arti "Mbedo"?. Mungkin bagi orang jawa, terutama jawa tengah sudah tidak asing lagi dengan kata-kata "Mbedo" tersebut. Tapi coba kata-kata itu didengar oleh orang asing? mungkin bisa jadi mereka berfikir "Mbedo" adalah suatu singkatan, meskipun sebenarnya bisa saja disingkat (jika ada, hehehe) . "Mbedo" sendiri sebenarnya adalah bahasa jawa dari bahasa Indonesia yang berarti BERBEDA. Lalu apa sebenarnya kekuatan dari "Mbedo" itu sendiri? Coba simak cerita nyata berikut ini

Suatu ketika ada seorang pemuda bernama Bee, dulunya dia adalah orang biasa-biasa saja, pemalu, pendiam, dan selalu berkutat dengan yang datar-datar saja, sebut saja taat peraturan, tidak pernah protes, tidak pernah membuat sensasi, dan lain sebagainya. Hingga suatu saat Bee memberanikan diri masuk dalam suatu komunitas/organisasi baru. Dimulai dari hari itu dalam hatinya yang terdalam dia berkeyakinan untuk berubah menjadi orang yang beda dari yang lainnya. Kebetulan organisasi itu mengadakan pelatihan bagi anggota baru dan Bee tidak menyianyiakan kesempatan itu untuk membuktikan apa yang telah dia niatkan. Apa yang dia lakukan?
  • Dimintai pertanyaan langsung mengacungkan tangan.
  • Mencoba berinteraksi dengan kakak angkatan.
  • Bukan waktu tidur, tapi tidur.
  • Sering membuat lelucon.
  • Celometan.
  • Percaya Diri
  • Dan lain sebaginya
Dari tingkah laku yang telah disebutkan di atas coba amati beberapa pernyataan:

  • Dimintai pertanyaan langsung mengacungkan tangan >> Kebetulan banyak yang tidak mengacungkan tangan dibanding yang mengacungkan tangan.
  • Mencoba berinteraksi dengan kakak angkatan. >> Kebetulan banyak yang memilih berinteraksi dengan teman satu angkatan ketimbang dengan kakak angkatan.
  • Sering membuat lelucon >> Kebetulan banyak yang tertawa terhadap lelucon daripada membuat lelucon itu sendiri.
  • Dll
Itulah tiga contoh penjabaran tingkah laku yang dilakukan Bee.

Kembali ke cerita Bee...
Akhirnya, diakhir acara, panitia pelatihan memilih peserta terbaik, dan Bee lah peserta terbaik itu. Tidak hanya berhenti disitu, dia juga diberi kesempatan untuk menjadi ketua panitia suatu Seminar Internasional , kontes tingkat kota, dan beberapa hal lain yang telah Bee raih. Dari pengalaman event tersebut, orang pun mulai mempercayainya untuk proyek-proyek selanjutnya baik di komunitas yang sama maupun berbeda.

Dari cerita di atas mungkin beberapa orang bertanya, mengapa orang yang bertingkah aneh bisa menjadi lebih berprestasi? Anda tahu? Inilah Jawabannya.

Ketika menjadi orang yang "Mbedo" itu artinya kita menjadi pribadi yang berbeda dengan orang lain (bisa dilihat dan difahami kembali di penjabaran apa yang dilakukan oleh Bee). Ketika kita menjadi orang yang berbeda maka secara tidak langsung perhatian orang lain akan mengarah kepada kita. Bisa kita logikakan bahwa ada uang 1 rupiah dengan 10.000 rupiah. Mana yang lebih menarik perhatian dan diburu oleh para collector? 


1 rupiah VS 10.000 rupiah
Tentu yang 1 rupiah. Mengapa? Sudah jelas karena dia berbeda!! Jika kita hidup di zaman 1960-an dan kita tahu bahwa Bank Indonesia menerbitkan uang 10.000 rupiah maka 10.000 rupiah yang akan diburu. Kini kita hidup di zaman 2000-an men!! dimana uang 10.000 rupiah sangatlah mudah dicari dan 1 rupiah yang sulit dicari, bahkan uang 1 rupiah harganya bisa saja lebih dari 10.000 rupiah.


"Mbedo" memberikan efek ketertarikan dan mudah terlihat yang sangat cepat

Nah itulah kekuatan dari "Mbedo", dan sudah jelas "Mbedo" sangatlah bermanfaat dan mempercepat efek ketertarikan, dan mudah terlihat. Bahkan ada yang berkata "Sekali-kali langgarlah peraturan", bukankah itu juga merupakan "Mbedo" ?. Tapi tunggu dulu, tetap ada tapi nya. "Mbedo" juga ada batasannya jangan langgar peraturan terus-terusan dan jadilah "Mbedo" yang positive. Coba teman-teman simak percakapan singkat dibawah ini:

Polisi : "Mengapa kamu mencuri kambing itu?! Sudah jelas tertulis ada pemiliknya!!"
Alto : "Saya ingin berbeda dan cepat menjadi artis pak!! karena saya kemarin membaca artikel menjadi orang yang berbeda mempercepat efek ketertarikan pak!!"
Polisi : "Lalu, Apa yang berbeda antara kamu dengan orang lain?!!"
Alto : "Yang lain tidak berani mencuri tapi saya berani mencuri pak!"
Polisi : "Sayangnya kamu belum selesai membaca semua artikel itu!! tapi OK!! Selamat anda tetap saya nobatkan menjadi artis!!"
Alto : "Terima kasih pak!!"
Polisi: "Ya!! Anda menjadi Artis Buser!!"
Alto: "!?/#$!@7*^$"

Hwahahahahaha... itu hanya selingan saja.

Berbeda dapat menimbulkan efek yang sangat besar terutama efek ketertarikan dan mudah terlihat.

Oh iya, Bee itu sendiri adalah saya, Novel Idris Abas :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar