5.06.2011

Lupakan Sejenak reaksi H2O (Edisi Revisi)

Beberapa tahun, tepatnya kelas 1 SMA saya mulai belajar kimia, dan kemudian kelas 2 dan juga kelas 3 (kebetulan saya adalah lulusan anak IPA). Bagi saya kimia pelajaran, ya terkadang mudah, terkadang sulit, terkadang membosankan (maaf untuk bapak ibu guru saya, hehe).
Ketika saya menulis artikel ini saya sedikit menyinggung masalah reaksi kimia yaitu H+O2 --> H2O. Lalu apa hubungannya antara reaksi tersebut dengan artikel saya ini? Teruslah membaca :)
Kali ini saya tidak akan membahas bagaimana reaksi itu bisa terjadi, tapi bagaimana kita memandang hidup ini seperti reaksi kimia. Jika para pakar kimia mempunyai rumus H+O2 --> H2, tapi kali ini kita sedikit belajar tentang ilmu KERAH atau biasa disebut reaksi K+R --> H. Rumus apa ini sebenarnya?
Suatu ketika ada seorang gadis dan atlet sedang naik bus kota, kebetulan bus itu sesak, sehingga mereka berdua tidak mendapatkan tempat duduk dan harus berdiri hingga tempat tujuan. Di tengah jalan sang gadis selalu menggerutu "Ini bis sempit banget!! gag ada AC, sempit, bla bla bla" dan banyak lagi celoteh yang dia ucapkan. Lalu tiba-tiba sang atlet berbicara kepada sang gadis "Kondisi yang sangat saya sukai ini mbak, karena sampai di tempat tujuan saya tidak perlu pemanasan, karena saya sudah melatih otot kaki saya berdiri hingga tujuan dan melatih keseimbangan tubuh saya karena bus selalu bergoyang".

Nah dari cerita diatas saya yakin teman-teman sudah tahu maksudnya kan?
Jadi segala kejadian itu tidak bisa kita rubah! Yang bisa kita rubah adalah respon atau reaksi terhadap kejadian itu. Coba kita lihat kata IMPOSSIBLE yang artinya mengandung arti negativ. Bagaimana jika kita merubah reaksi kita terhadap kata tersebut? Bisa jadi I'M POSSIBLE yang artinya mengandung arti positiv. 

So, apapun situasinya tergantung bagaimana kita bereaksi:
  1. Reaksi - (baca:negativ) maka hasil menjadi -
  2. Reaksi + (baca:positiv) maka hasil menjadi +
  3. Reaksi 0 (baca:tidak ada reaksi) maka hasilnya tidak ada.
dan pastinya orang HEBAT selalu bereaksi positiv.

Salam HEBAT #NQuotes Follow me @novelid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar