8.24.2012

Belajar dari mereka yang hebat

Learn From The Best
Assalamualaikum..

Hallo sobat! Setelah berbulan bulan tidak memosting artikel apapun, beberapa hari yang lalu saya melihat tweet dari para guru seperti @JamilAzzaini dan @JayaYEA yang sedang getol-getol blogging, akhirnya saya tertarik untuk memosting artikel lagi di blog saya. tercinta ini. Hehehe
"Orang hebat tahu apa yang mereka harus mereka tanyakan kepada orang hebat lainnya dan apa yang tidak harus. " -Novel Idris A
Artikel kali ini saya awali dengan percakapan dari dua mahasiswa yang sedang mengobrol setelah menerima indeks prestasi (sejenis rapor) di universitasnya.

Dega : "Berapa IP kamu semester kemarin ?"
Surya : "Gak banyak, cuman 3,2. Kamu brapa emang ? masih top 1 kan ?"
Dega : "Alhamdulillah masih, cuman 3,92. Turun sih, tapi masih lumayan lah."
Surya : "Haha, iya kamu pinter sih, pengen sih kayak kamu, tapi aku gak mungkin bisa. kapan nih makan-makan nya? "
Dega : "Haha, Cuman gitu aja kok makan-makan, hasil dari berguru nih."

Dari percakapan kedua mahasiswa di atas saya yakin teman-teman semua yang sedang berada di bangku belajar pasti pernah mengalaminya kan ?. Percakapan seperti itu tergolong percakapan yang sering terjadi di lingkungan kita  sehari-hari.

Jika percakapan diatas dibaca sepintas, maka bisa jadi biasa saja. Tetapi jika kita cermati, ada dua tipe orang yang ada di sana yang sangat kontras. Si Dega yang bisa dikatakan orang pintar dan menjadi semakin pintar, dan Surya bisa dikatakan belum pintar, dan selalu membuat dia belum pintar! Kok bisa yaa??
Ketika membuat artikel kali ini saya teringat dari audio book "Financial Revolution" nya pak Tung Desem Waringin (@TungDW) dimana Kurang lebih beliau memaparkan mengapa orang sukses menjadi lebih sukses dan yang tidak sukses menjadi tetap sama saja tidak sukses. Ada beberapa permasalahan, tetapi dari percakapan di atas saya memetik satu poin, yaitu Orang hebat tahu apa yang mereka harus mereka tanyakan kepada orang hebat lainnya dan apa yang tidak harus
Apa maksudnya ? Cukup simpel, jika bertemu dengan orang HEBAT dan anda ingin seperti mereka, maka sempatkan bertanya dua hal.
1. TINDAKAN apa yang mereka lakukan sehingga menjadi HEBAT.
2. AMALAN apa yang mereka lakukan sehingga menjadi HEBAT.

Dua pertanyaan di atas terdengar cukup simpel, tapi percayalah mereka (orang HEBAT) akan membeberkan secara gamblang TINDAKAN dan AMALAN yang mereka lakukan, bukan hanya makan-makan nya kapan, hehehe. Bukannya tidak boleh, tetapi sempatkanlah menanyakan dua hal tersebut dan selanjutnya adalah taati cara-caranya, selama cara itu halal. Dengan menanyakan dua hal di atas, maka anda mendapatkan kunci HEBAT dari mereka, sehingga mempercepat terwujudnya keinginan anda.

Saya pun juga begitu, selama sekitar enam tahun saya menderita gagap, tidak pernah mendapat nilai bagus dan lain sebagainya. Lalu saya pribadi niat dan mengikuti berbagai seminar-seminar tentang bagaimana menjadi sukses atau pengembangan diri yang bisa jadi menghabiskan ratusan ribu rupiah per seminar. Beberapa orang berfikiran aneh, tapi ada dua hal yang saya harapkan dari seminar itu, yaitu mengetahui TINDAKAN dan AMALAN apa yang mereka (orang HEBAT) lakukan. Meskipun saya dan mereka (orang HEBAT) berbeda kasus dan tujuan, tetapi hasilnya Alhamdulillah sama-sama luar biasa.

So, bagi anda yang sedang berada di bangku belajar dan ingin menjadi TOP 1 di sekolah atau universitasnya, pergi keluar negeri mendapatkan beasiswa, atau memenangkan perlombaan dan jenis-jenis sukses lainnya, mulailah dengan mencari mereka dan tanyakan tentang dua hal, "TINDAKAN dan AMALAN apa yang anda lakukan sehingga menjadi _______?".

Salam HEBAT, #NQuotes Follow me @novelid

3 komentar:

  1. makasih artikel nya sudah menginspirasi saya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebarkaaan! -D, InsyaAllah jadi Ilmu yang bermanfaat

      Hapus
  2. Senang bisa membaca tulisan dari orang hebat seperti mas novel :D
    Salam kenal dari Brawijaya :)
    Boleh mampir ke blog saya http://ganendraawang.wordpress.com/

    BalasHapus