5.03.2016

3 Pelajaran Dari Kemenangan Leicester City

Leicester city juara premier league. Beneran tuh?

Siapa yang mengira jika Leicester city mampu menjuara premier league tahun 2016 ini?

Bahkan UEFA memasukkan kemenangan leicester city di tahun 2016 ini sebagai salah satu "SHOCK VICTORY" dalam sejarah persepakbolaan. #Boom

 

leicester city wins premiere league
Leicester City menjuarai Premier League 2015/2016 (Sumber Skysports.com)

Jika anda adalah penggemar olahraga sepakbola, atau nonton sepakbola, atau gamer sepakbola, kemenangan leicester city di tahun 2016 ini merupakan sebuah kebanggaan. Kebaganggaan bukan hanya dimiliki oleh fans leicester city saja, tapi saya yakin kebanggaan juga menghampiri fans-fans klub lain seperti fans MU, fans manchester city, fans chelsea, dan fans klub lain (kecuali fans Tottenham hehehe....).

 

Salut dua jempol buat leicester city.


Ok, karena saya fans AS ROMA, jadi disini saya tidak akan membahas kemenangan Leicester city secara mendalam (mohon jangan dikasi #Boooooo hehehe...). Namun, saya akan membahas 3 pelajaran yang bisa diambil dari kemenangan leicester city. 

Yaaaah, semoga Luciano Spaletti membaca tulisan ini. Jadi tahun depan AS ROMA menang Serie A. Aamiin hehehe... 

So, apa saja pelajaran yang bisa kita ambil?

1. Biarkan Saja Anjing Menggonggong   

Tahukah anda bahwa Leicester City bukanlah klub pertama yang dilatih Claudio Ranieri?
Ya, lebih dari sepuluh tahun yang lalu Claudio Ranieri pernah melatih salah satu klub elit Eropa, yaitu Chelsea FC. Sayangnya, di tahun 2004 Chelsea FC dibeli oleh triliyuner Rusia bernama Abramovic. Karena bernafsu memenangkan liga, akhirnya Ranieri dipecat oleh Abramovic dan digantikan oleh Jose Mourinho.

Bukan hanya dipecat, namun Abramovic memberi pesan kepada publik bahwa
"Claudio Ranieri tidak akan pernah memenangkan Premier League" - Abramovic
Bukan hanya Abramovic, Jose Mourinho juga menambah derita Ranieri dengan berkomentar
"Dia sudah berumur 70 tahun, dia terlalu tua untuk merubah mentalnya (tidak mampu memenangkan liga" - Jose Mourinho
Mourinho roast ranieri
Mourinho mencemooh Ranieri (Sumber Goal.com)

Nah, uniknya, setelah dicemooh seperti itu, apakah Ranieri memberontak? Ternyata tidak!!
Dia terus berkarir sebagai pelatih tanpa memenangkan liga sekalipun. Dan terbukti cemoohan Mourinho dan Abramovic terbukti benar.

Namun, di tahun 2016 semuanya berubah.
Tahun dimana Ranieri melatih klub papan bawah bernama leicester city, dan mourinho serta Abramovic masih berada di kerajaan Chelsea. Daaaaan malapetaka terjadi (Pakai backsound nya silet...).
Pada pertandingan Chelsea vs Leicester City, Chelsea menelan kekalahan, sehingga menyebabkan Mourinho dipecat oleh Abramovic.

Tidak hanya sampai disitu, dengan penampilan yang konsisten, Ranieri memenangkan Premier League bersama Leicester City.

Pelajaran yang bisa diambil: Biarkanlah mereka mencemoohmu, mengejekmu, dan merendahkanmu. Buktikan dengan pencapaian bukan dengan pembalasan

2. Bukan Kondisi Sekarang, Tapi Lihat Bagaimana Dia Memandang Masa Depan
  
Saat ini, siapa yang tidak mengenal Vardy? Salah satu striker paling berbahaya dan dicari di seluruh dunia. Namun, di tahun 2006 apakah anda mengenal, atau setidaknya tahu nama "Vardy" ? Saya yakin anda tidak tahu. Coba lihat penampilan Vardy di masa lalunya


James Vardy Young
James Vardy (Sumber youtube.com)

Ya, di tahun 2006, Vardy bukanlah siapa-siapa. Namun, di tahun 2016, keberuntungan menghampirinya. Dengan kerja kerasnya, bersama Leicester City, dia mematahkan rekor Ruud Van Nistelrooy sebagai pencetak gol secara beruntun di sepuluh pertandingan.

James Vardy & Ranieri (Sumber Skysports.com)

Dan di tahun yang sama Vardy mengangkat trofi juara premier league bersama Leicester City dan menjadi pemain favorit media. Selamat buat Kang Vardy!!

Pelajaran yang bisa diambil: Jangan lihat seseorang dari kondisi sekarang. Jangan lihat dari luarnya saja, bukan dari isi dompetnya, bukan dari apa yang dia miliki diluar hatinya. Jika itu semua hilang, maka hilanglah semuanya. Namun lihat dari bagaimana dia melihat dan berusaha menaklukkan dunia di masa depan. Selama usaha dan semangat masih ada, maka semua bisa saja terjadi.

3. Bukan Uang Tapi....
 
Tahukah teman-teman semua total uang yang dihabiskan untuk pembelian pemain di Manchester United, Chelsea, Manchester City, dan Leicester City selama 5 tahun terakhir ?.

Bagi anda yang sudah tahu, SELAMAT. Jika yang belum tahu, nggak usah googling hehehe...

Ok, total pembelian pemain di
Manchester United adalah ‎£ 418,7 Juta
Manchester City adalah £ 420,75 Juta
Chelsea adalah 427,29 Juta
Leicester City hanya 73 Juta

Manchester United vs Leicester City (Sumber standard.co.uk)

Namun, bagaimana posisi klasmen premier league saat ini?
Manchester United peringkat 5
Manchester City peringkat 4
Chelsea peringkat 10
Leicester City peringkat 1 alias JUARA PREMIER LEAGUE

Kemenangan Leicester city ini mengingatkan kita pada film Money Ball, dimana kemenangan diraih bukan dengan uang, tapi dengan strategi yang jitu. Bagi temen-temen yang belum nonton filmnya, saya rekomendasikan nonton. Kereeeeen deh pokoknya.


Pelajaran yang bisa diambil: Kemenangan diraih bukan seberapa banyak uang yang dimiliki, namun seberapa cerdas kita meracik strategi terbaik berdasarkan potensi yang kita miliki.

Naah, itulah tiga pelajaran yang setidaknya bisa kita pelajari dari kemenangan Leicester City di tahun 2016. Semoga menjadi klub yang lebih baik lagi di musim depan.

Ohya, ini nih video kemenangan leicester city yang dirayakan oleh para pemainnya. Mereka merayakan bukan di lapangan, karena mereka menang tanpa bertanding. #Booom

 

Jika teman-teman punya pelajaran lain yang bisa diambil dari kemenangan leicester city, silahkan komen di bawah yaaa :)

CONGRATULATION :*

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Tentang Penulis,
Penulis bernama Novel Idris Abas. Novel adalah salah satu motivator, pelatih yang telah memotivasi hampir 1000 siswa di indonesia tentang bagaimana BERPRESTASI di bidang pendidikan dan bagaimana BELAJAR EFEKTIF. Novel telah belajar dari guru-guru terbaik dibidang pengembangan diri, neuro, dan juga Learning Breakthrough dengan mengikuti seminar-seminar dan pelatihan dengan pembicara TOP seperti Bong Chandra, Merry Riana, Tung Desem Waringin, Ippho Santosa, dan pembicara Internasional Adam Khoo.

Untuk mengundang sharing, seminar & training bisa menghubungi 0857-0244-0124

Twitter: @novelid | email: novelidris@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar